Misteri PIRAMIDA Mesir (2)

Misteri PIRAMIDA Mesir (2) , Selama 4000 tahun, orang heran dan berusaha memecahkan misteri untuk apa pyramida dibangun. Pyramida adalah makam Raja Khufu, itu orang sudah tahu, tetapi sebegitu pentingkah makam itu sehingga harus dibuat dalam bentuk pyramida yang demikian sulit pembuatannya? Nakht, seorang penduduk Mesir yang ikut bekerja membangun pyramida selama 40 tahun, menceritakan kesaksiannya.

PIRAMIDA MESIR2
PIRAMIDA MESIR

Pyramid dibangun berdasarkan pengamatan astronomis. Orang Mesir adalah ahli-ahli astronomi. Mereka sangat pandai membaca pergerakan bintang di langit. Langit di atas gurun pasir yang luas tak bertepi menjadi pusat orientasi hidup mereka. Dari posisi dan pergerakan bintang-bintang mereka meramalkan musim, menghitung waktu terbaik untuk mulai menanam gandum, meramalkan datangnya banjir dan badai. Dari pengamatan langit, mereka menemukan adanya sebuah titik hitam yang dikelilingi beberapa bintang. Bintang-bintang itu selalu berubah posisi, tetapi titik hitam itu tidak pernah berubah. Orang Mesir kemudian menganggap titik hitam itu adalah surga. Suatu tempat yang abadi. Tak pernah berubah.

Raja Khufu ingin memperoleh keabadian setelah ia mati. Ia ingin menuju surga yang telah dilihatnya di langit. Maka ia memerintahkan untuk membuat suatu bangunan yang dapat menghantarkan jasadnya berangkat menuju ke keabadian. Oleh para arsitek dan penasehat ahli kerajaan, disepakati bahwa bangunan yang akan menghantarkan jasad Raja Khufu ke surga itu berbentuk pyramida. Bentuk pyramida diyakini sebagai simbol kehidupan …

Alkisah, Nakht adalah penduduk Mesir yang tinggal di sebuah desa, di tepian sungai Nil. Setiap awal musim panas, utusan Raja Khufu menyusuri desa-desa di sepanjang sungai Nil, mencari laki-laki yang kuat dan tegap untuk dipekerjakan membangun pyramida. Nakht bersama adik lelakinya, Deba, terpilih oleh Kaem-Ah, sang utusan Raja. Maka pada tahun 2480 SM berangkatlah mereka ke Giza. Sebelumnya, ayah dan kakek Nakht pun telah dipanggil untuk bekerja membangun pyramida.

Kakek Nakht bercerita, ia bekerja membuat tangga menuju ke langit. Bagaimana pun berusaha, Nakht tidak pernah bisa membayangkan, tangga menuju langit itu seperti apa. Setelah beberapa hari menyusuri sungai Nil, tibalah mereka di Sakkara. Di tempat itu Nakht melihat tangga berbentuk pyramida, dan barulah dia paham apa yang dikerjakan kakeknya dulu. Pyramida di Sakkara ini dibangun sekitar 60 tahun sebelum Raja Khufu bertahta.

Setelah berlayar di sungai Nil selama 11 hari, sampailah Nakht dan Deba di Giza, 10 mil selatan Cairo. Pertama-tama mereka ditempatkan di pertambangan batu, tempat ribuan pekerja memotong batu dari bukit, membentuknya menjadi blok-blok segi empat yang akan disusun menjadi pyramida. Blok-blok batu yang beratnya sekitar 2,5 ton ini dibawa ke lokasi pembangunan pyramida yang berjarak 0,5 mil dengan cara ditarik. Nakht dan Deba diberi tugas membawa air untuk membasahi permukaan jalan tanah yang akan dilewati blok batu. Karena tanah di Giza berupa lempung, jika dibasahi akan menjadi licin dan memudahkan blok batu ditarik.

Pekerja memotong batu di pertambangan di Giza

Pyramida Khufu mulai dibangun pada 2480 SM. Dibutuhkan 6 juta ton batu untuk membangun pyramida ini, terdiri atas 2,5 juta buah blok batu yang masing-masing beratnya sekitar 2,5 ton. Pada setiap periode, 25.000 orang bekerja secara bersamaan. Semua dikoordinasi dengan sangat rapi. Setiap orang punya tempat bekerjanya masing-masing, tahu tujuan pekerjaannya. Setiap blok batu ditulisi nomor identitas, sehingga jelas di posisi mana batu tersebut akan ditempatkan dalam pyramida. Pekerja dibagi dalam beberapa kelompok, ada kelompok pemotong batu, penulis identitas batu, dan penarik batu. Mereka bekerja selama 9 hari berturut-turut, dan istirahat pada hari ke 10.

Tidak lama bekerja sebagai pembawa air, Nakht dan Deba dipindahkan bekerja di lokasi pembangunan pyramida. Pekerja di lokasi pyramida memiliki ‘gengsi’ lebih tinggi dari pada pekerja di pertambangan batu, karena hanya pekerja terpilih yang boleh masuk ke lokasi pembangunan pyramida. Yunu, pimpinan pekerja di pyramida menilai Nakht dan Deba memiliki kecerdasan tinggi, sehingga dengan cepat diberi tugas-tugas yang lebih penting.

Pada pembangunan pyramida, tukang batu adalah tenaga kerja terpenting. Mereka menghaluskan blok-blok batu yang baru dikirim dari pertambangan, memastikan ukurannya benar-benar tepat. Di lokasi pembangunan pyramida, Nakht dan Deba ditugaskan menempatkan blok-blok batu pada lokasi yang sudah ditentukan. Batu-batu itu ditarik ke atas melalui jalan landai yang dibangun khusus di samping pyramida. Pekerjaan menarik batu ini sangatlah berat. Sebuah blok batu seberat 2,5 ton ditarik oleh 20 – 30 orang. Untuk menempatkannya pada posisi di pyramida, digunakan katrol yang ditempatkan pada sebuah segitiga kayu besar. Pada suatu ketika, karena ada pekerja yang kurang hati-hati, segitiga kayu ini roboh. Deba yang berada di bawahnya tertimpa balok kayu yang besar dan berat. Ia meninggal, 5 tahun setelah bekerja di pyramida …

Kematian Deba membuat Nakht sangat berduka. Lima tahun bekerja di pyramida yang pada hakekatnya adalah sebuah makam, ia tak pernah berpikir tentang kematian. Kematian Deba mengingatkan Nakht bahwa semua kerja keras luar biasa itu dilakukan demi satu orang, yaitu Raja. Seluruh rakyat berhutang budi pada Raja, maka memberikan pengorbanan bagi raja adalah suatu kehormatan.

Namun, apa sesungguhnya yang mendorong mereka secara suka rela membangun pyramida?

Raja Khufu’ meninjau pembangunan pyramida yang akan menjadi makamnya

Tulisan-tulisan yang terdapat di dalam pyramida bercerita tentang perjalanan panjang Raja, yang digambarkan sebagai elang, dengan bantuan angin topan, hujan, dan guntur. Teks di dalam pyramida selalu menggambarkan akhir perjalanan raja, yaitu menjadi di antara yang takkan musnah. Raja akan mencapai keabadian, begitu juga setiap orang yang bekerja untuk mewujudkan jalan raja menuju ke keabadiannya.

Sepuluh tahun sesudah awal pembangunan pyramida besar, datang batu granit dari penambangan Aswan yang berjarak 500 mil dari Giza. Jumlah batu granit ini 9 buah, masing-masing beratnya 50 ton. Batu-batu granit ini akan dipakai sebagai penutup puncak pyramida. Karena beratnya, dibutuhkan 200 orang untuk menarik satu blok batu ke atas. Pada sepertiga bagian atas puncak pyramida, batu tidak bisa lagi ditarik melalui jalan landai di samping pyramida, sehingga dibuat jalan berbentuk spiral yang menempel di sekeliling puncak pyramida. Nakht yang sudah menjadi pekerja senior, dipercaya oleh Hermiunu, arsitek pembangunan pyramida yang juga adalah sepupu Raja, untuk memimpin penempatan batu-batu terpenting ini. Nakht meminta semua batu ditandai tengah-tengahnya dengan sebuah garis dari oker warna merah. Kemudian dengan memakai unting-unting, ia mengamati hingga posisi garis oker merah itu tepat berimpit dengan sebuah tonggak yang dipakai untuk menandai titik pusat pyramida. Dengan demikian, semua blok batu berada pada posisi yang sangat tepat, tidak boleh salah seinci pun. Kesalahan meletakkan posisi batu menyebabkan titik berat pyramida bergeser, dan pyramida akan runtuh.

Pemasangan batu penutup puncak pyramida

Tinggi Pyramida Khufu semula 146 meter, namun karena erosi selama ribuan tahun, kini tingginya tinggal 136 meter. Hingga tahun 1889 ketika Menara Eiffel (324 meter) dibangun di Paris, Pyramida adalah bangunan tertinggi di dunia.

Di dalam pyramida terdapat tiga buah ruangan. Ruangan pertama ada di bawah tanah. Ruangan kedua berada di atasnya, dan ruangan ketiga terletak paling atas. Di ruangan paling atas inilah jasad Raja Khufu akan ditempatkan, tepat dibawah batu-batu granit penutup puncak pyramida yang diletakkan oleh Nakht dan kawan-kawannya.

Pada tahun 2463 SM Raja Khufu keluar dari istana untuk melihat makam yang akan membuatnya abadi. Dengan ditandu oleh para pengawal raja, ia menyusuri jalan yang sama, yang disusurinya 17 tahun lalu, pada saat awal pembangunan pyramida.

Dini hari pada musim semi tahun 2457 SM Raja Khufu wafat. Dalam sebuah peti mati yang terbuat dari kayu cedar, jasadnya dibawa melalui sungai Nil ke kuil yang berada di dekat pyramid. Di dalam peti itu tersimpan juga emas dan kekayaan istana yang berkaitan dengan Tutankhamun. Dari kuil di tepi sungai Nil, peti terlebih dahulu dibawa ke ruang bawah tanah di dalam pyramid. Sesudah itu baru dibawa ke ruangan yang ada di atasnya, dan selanjutnya ditempatkan di ruangan paling atas yang menjadi makam Raja Khufu. Pada dinding sebelah utara ruangan teratas ini, terdapat sebuah lobang yang menembus pyramid, dimana dari lobang ini dapat dilihat titik hitam di langit yang dikelilingi bintang-bintang. Titik hitam yang diyakini oleh Raja Khufu dan orang-orang Mesir sebagai surga abadi.

Raja Khufu dan orang-orang Mesir telah menemukan surga mereka, dan membangun pyramid sebagai jalan menuju kesana. (Misteri PIRAMIDA Mesir (2)source)

  1. 28/04/2011 pukul 11:39

    Banyak arsitektur yang mempelajari piramida ini, karena struktur dari bangunanannya…termasuk budaya tertus juga ya..
    Misteri juga banyak di situ..
    I like this article

  2. Ade
    28/07/2011 pukul 19:18

    ceritanya runtun banget, seperti Nakht br sja meninggal rabu kemarin.

    • Ahmad
      27/11/2011 pukul 17:09

      Like this bro…

  3. 21/09/2011 pukul 14:51

    banyak yang tak tahu apa sebenarnya makna piramid yang di bangun oleh raja mesir itu,,, hingga kini misteri itu masih abadi dan tak terpecahkan sampai akhir masa..

  4. Ahmad
    27/11/2011 pukul 17:10

    Ini dongeng atau apa ya??kok ceritanya beda dengan buku2 sejarah yang ada…

    • Anonim
      04/10/2012 pukul 15:50

      aH ITU MAH CUMA DONGENG DOANG
      GAK ADA FAKTA TENTANG KEBENARANNYA

  5. awak
    19/03/2012 pukul 20:36

    ya beda kalau anda cuma baca dongeng

    • Anonim
      04/10/2012 pukul 15:53

      ah sok tahu loe belagu kayak tau aja loe AWAK….

  6. RockLim
    12/09/2012 pukul 14:54

    simple aja.. piramid ada lah sbuah haasil karya seni,dan org mesir zaman dlu suka membuat karya seni terutama seni pahat(patung),,jadi raja” mesir zaman dlu juga berfikir ttg setelah kematian mrk mrk mw dikubur dimana,lalu dibuat lah piramid,jadi piramid sendiri adalah makam raja buatan rajanya itu sendiri,misal nya raja nya sudah berumur 50 taun, tapi belum mati tapi piramid nya sudah jadi,maka piramid tersebut akan di perbesar lagi lagi dan lagi,hingga raja tersebut mninggal,bsar piramid menandakan kebesaran kekuasaan raja paada saat itu, bukan hanya 1 piramid di mesir, ad banyak piramid di mesir,dikarenakan ada beberapa piramid yg gagal dalam proses pembuatan nya,piramid yang benar” sempurna itu hanya beberapa buah saja,..

  7. Anonim
    05/11/2012 pukul 10:50

    ni sy kutip dari http://zilzaal.blogspot.com/2012/10/misteri-bangunan-piramida-al-quran.html

    Koran Amerika Times edisi 1 Desember 2006, menerbitkan berita ilmiah yang mengkonfirmasi bahwa Firaun menggunakan tanah liat untuk membangun piramida! Menurut penelitian tersebut disebutkan bahwa batu yang digunakan untuk membuat piramida adalah tanah liat yang dipanaskan hingga membentuk batu keras yang sulit dibedakan dengan batu aslinya.
    Para ilmuwan mengatakan bahwa Firaun mahir dalam ilmu kimia dalam mengelola tanah liat hingga menjadi batu. Dan teknik tersebut menjadi hal yang sangat rahasia jika dilihat dari kodifikasi nomor di batu yang mereka tinggalkan.

    Al-Qur’an Ternyata Lebih Dulu Punya Jawaban

    Jika dipahami lebih dalam, ternyata Alquran telah mengungkapkan hal ini 1400 tahun sebelem mereka mengungkapkannya, perhatikan sebuah ayat dalam Al Quran berikut ini:

    “Dan berkata Fir’aun: ‘Hai pembesar kaumku, aku tidak mengetahui Tuhan bagimu selain aku. Maka bakarlah hai haman untukku tanah liat kemudian buatkanlah untukku bangunan yang tinggi supaya aku dapat naik melihat Tuhan Musa, dan Sesungguhnya aku benar-benar yakin bahwa Dia Termasuk orang-orang pendusta.” (QS. Al-Qashash: 38)

    moga bermanfaat…………

  8. pdf
    26/11/2012 pukul 10:50

    Hello there! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization?
    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any
    please share. Appreciate it!

  9. Negm
    28/03/2013 pukul 18:57

    Artikel yang menarik. tapi dapat darimana kisah tentang “nakht dan deba” ini?

  10. 27/04/2013 pukul 01:55

    Thank you for the auspicious writeup. It in fact was
    a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from
    you! However, how can we communicate?

  11. 20/05/2013 pukul 05:39

    What a information of un-ambiguity and preserveness of precious knowledge
    on the topic of unexpected feelings.

  12. 31/05/2013 pukul 08:58

    This piece of writing will help the internet viewers for setting up new web site or even
    a weblog from start to end.

  13. 27/06/2013 pukul 14:23

    Super, Sejarah memang selalu menarik untuk Dihabas dan diceritakan.

  14. 30/07/2013 pukul 11:00

    Howdy! Someone in my Facebook group shared this site with us
    so I came to look it over. I’m definitely enjoying the information. I’m bookmarking and will be tweeting this to my followers!
    Fantastic blog and brilliant design and style.

  15. 09/08/2013 pukul 01:45

    After exploring a number of the articles on your web page,
    I really like your technique of blogging. I book-marked
    it to my bookmark website list and will be
    checking back soon. Please visit my website too and let me
    know what you think.

  16. tanpa nama
    20/08/2013 pukul 13:25

    Inilah kisah nyatanya.!! Namun nama raja tersebut disamarkan.

  17. Fajar
    29/12/2013 pukul 10:07

    menurut gw knapa dibiin Piramid, krn mereka ingin menciptakan tatanan dunia baru skema Piramid, contoh yg saya tahu Piramida Keuangan, dia atas piramida melambangkan seorang penguasa dan di tengah melambangkan org mampu, nah yg dibawah adalah org yg tidak mampu… dan dalam piramida keuangan saat ini kekayaan org bawah selalu ditransfer ke puncak piramid… jdi yg kaya makin kaya yg miskin makin miskin… -_-

  18. seo
    21/02/2014 pukul 21:20

    An impressive share! I’ve ust forwarded this onto a colleague who had beeen doing a little homework on
    this. And he actually ought me lunch simply because I discovered it
    forr him… lol. So allow me to reword this…. Thank YOU for the meal!!
    But yeah, thanx for spending the time to discuss this topic here
    on your internet site.

  19. 04/03/2014 pukul 14:27

    fantastic put up, very informative. I’m wondering why
    the opposite experts of this sector don’t realize this. You should continue your writing.
    I am confident, you’ve a great readers’ base already!

  20. 11/04/2014 pukul 14:02

    Hi there to every one, the contents present aat this web page are in fact
    awesome foor people experience, well, keep up the good work
    fellows.

  21. 17/04/2014 pukul 19:14

    It’s awesome to pay a quick visit this website and reading the views of
    all friends about this post, while I am also zealous of getting experience.

  22. 05/10/2014 pukul 12:27

    MUDAT RAWA NADA

  23. 05/10/2014 pukul 12:34

    LUWDIG+MIES+VAN+DER+ROHE&CT=MUDAT
    MIES_VAN_DER_ROHE-2014-HP&OI=DDLE

  1. 13/09/2012 pukul 06:03
  2. 06/10/2012 pukul 20:31
  3. 15/07/2015 pukul 21:45

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: